Rekomendasi Makanan Dan Kuliner Di Bandung

 

WISATA KULINER BANDUNG

Kota yang dikelilingi pegunungan merupakan salah satu kota wisata terbaik. Selain itu ada banyak tempat wisata kuliner di Bandung yang wajib untuk dicoba.

Kota Bandung yang sangat kreatif. Hal itu terbukti dari banyaknya tempat makan favorit yang memiliki keunikannya masing – masing.

Jika kita sedang berkunjung ke kota Bandung, disarankan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner enak di Bandung. Dijamin membuat ketagihan untuk datang lagi. Beberapa tempat dan makanan yang sering ditemui, diantaranya :

  1. Wajik

Di sejumlah wilayah di Bandung ternyata memiliki kuliner yang khas. Di Bandung Barat misalnya, yang identik dengan Wajit Cililin. Cemilan yang terbuat dari beras ketan, gula aren, kelapa dan vanili ini cukup populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

  1. Batagor

Saat berkunjung ke tempat wisata di Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan asli Jawa Barat seperti Batagor.

Batagor Hanjuang yang merupakan makanan khas Bandung ini memang sudah terkenal dengan rasa yang khas dan lezat. Menunya terdiri dari bakso dan ada tahu gorengnya juga.

Batagor bisa ditemukan di berbagai tempat kuliner di Bandung, tetapi Batagor Hanjuang adalah yang paling terkenal dan sudah banyak pembelinya.

Hal tersebut dikarenakan rasa Batagor di sini memiliki rasa ikan tengiri yang sangat berasa di lidah. Selain itu, bumbu kacangnya dibuat dengan sempurna, pedas, dan gurih. Sangat pas dan mantap untuk menjadi camilan di musim dingin.

Batagor Hanjuang berada di lokasi jalan Terusan Babakan Jeruk I, Sukagalih, Sukajadi, Bandung. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

  1. Iga Bakar Si Jangkung

Menikmati kuliner di Kota Bandung tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kelezatan Iga Bakar Si Jangkung. Berlokasi di Jalan Cipaganti No. 75B, tempat makan yang satu ini sangat mudah dijumpai karena terletak di tepi jalan utama. Dindingnya yang didominasi warna cat hijau, begitu unik ketika Anda melintasi area tersebut.

Satu porsi Iga Bakar Si Jangkung dijual dengan harga Rp 40.000. Berbeda dari iga bakar ditempat lain, warung tenda ini menyajikan iga bakar yang memiliki cita rasa rempah yang kuat sehingga tidak berbau.

  1. Nasi Campur 88

Nasi Campur 88 boleh disebut sebagai legenda kuliner di Bandung. Karena berada di warung kaki lima, Anda harus rela mengantre cukup lama untuk bisa menikmati nasi campur di sini. Bahkan, pengunjung yang datang akan diberi nomor antrean. Pasalnya, Nasi Campur 88 sudah tersohor dengan porsinya yang cukup besar dan rasanya yang begitu nikmat.

Satu porsi Nasi Campur 88 yang dibanderol dengan harga Rp 50.000 ini terdiri atas nasi, samcan, cha siu, kekian, telur, bakso goreng, mentimun, dan kuah sup. Melihat dari isiannya, sudah dipastikan menu di tempat makan yang terletak di Jalan Cibadak No.152 ini termasuk non halal

  1. Bakmi Linggarjati

Mengunjungi Alun-alun Bandung kurang lengkap sebelum Anda mampir mencicipi kuliner Bakmi Linggarjati yang satu ini. Berada tepat di Jalan Balonggede No.1, tempat makan yang menyajikan beragam menu mi ini jadi destinasi kuliner favorit pengguna Traveloka Eats. Anda bisa memilih jenis mi yang diinginkan, ada menu Yamin Manis dan Yamin Asin. Soal lauk, Anda bisa menambahkan pelengkap seperti bakso, babat, kikil, serta ayam yang disediakan bersama kuah. Satu mangkuk Mi Yamin Manis dibanderol dengan harga Rp 38.000.

  1. Seblak

Seblak merupakan salah makanan khas di Bandung karena sangat popular di masyarakat Bandung itu sendiri. Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur. Harga satu porsi Seblak kisaran di harga Rp 8,000 dan sangat terjangkau bagi kantong masyarat.

  1. Surabi

Surabi merupakan salah satu camilan paling hits di Bandung. Beragam rasa, topping dan tampilan yang imut menjadi alasan mengapa jajanan tradisional ini banyak diburu para pendatang dan kaum urban di Bandung. Salah satu lokasi yang popular untuk makanan ini berlokasi di Jalan Setiabudi. Lokasi yang strategis membuat banyaknya orang yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari harga Rp 25,000 per porsi.

  1. Gehu Jeletot

Untuk pencita pedas, kuliner Gehu Jeletot bisa jadi alternatif yang pas. Cemilan baru di kota Bandung banyak menjadi buruan karena rasa pedas, gurih dan menyenangkan. Selain taburan sayuran di dalam tahunya, irisan wortel dan sayur kol, ada juga irisan daging sapi untuk menambah cita rasa.

Gehu Jeletotmenjadi tempat yang tepat bagi yang menginginkan makanan khas Bandung. Harganya memang relatif lebih mahal dibanding produk sejenis lainnya di Bandung, namun kualitas rasanya cukup berbeda.

  1. Pisang Bollen

Tidak jarang mereka yang bepergian ke Bandung membawakan oleh-oleh cemilan untuk sanak keluarga dan teman. Di Bandung sendiri, aneka pisang bollen banyak yang jual dari penjualan dipinggir jalan sampai di toko-toko ternama.

Tempat penjualan Pisang Bollen yang terkenal di Bandung ada di toko Kartika Sari yang beralamat di Jalan Haji Akbar No.4, Pasir Kaliki, Cicendo, Pasir Kaliki, Cicendo, dengan kisaran harga mulai Rp 47,000 per box. Sedangkan untuk toko kue lainnya yaitu Mayasari Backery di jalan kebon kawung, pasir kaliki, kec. Cicendo (depan stasiun Kereta Api Bandung)

  1. Peyeum

Peyeum merupakan salah satu makanan khas Bandung yang begitu identik dengan kota Kembang. Bukan sekadar tape singkong, peuyeum merupakan tape dengan kadar air yang jauh lebih sedikit, yang membuatnya bisa bertahan jauh lebih lama.

Uniknya, peuyeum sendiri bisa menjadi makanan yang disantap langsung atau menjadi bahan dasar untuk olahan cemilan sehari-hari. Untuk harga yang ditawarkan sangat beragam, tergantung dimana membelinya.

  1. Es Goyobod

Es Goyobod berisi adonan sagu aren yang kenyal dengan kuah santan, susu kental manis dan serutan es. Campura dari minuman tersebut mulai dari alpukat, roti tawar, peuyeum, kolang kaling hingga kelapa muda. Dengan harga dikisaran Rp 3,000 per porsi, dijamin akan ketagihan. Es Goyobod sendiri dapat dijumpai dibeberapa lokasi temapat makan modern, maupun penjualan keliling memakai gerobak.

  1. Cuanki

Sajiannya mirip seperti bakso Malang. Dalam satu porsi cuanki terdiri dari aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng. Bedanya, mie yang digunakan bukan mei kuning, tambahan seledri dan daun bawang.

Banyak tempat untuk bisa menikmati cuanki, baik di tempat makan modern maunpun di tempat jual tradisional yang memakai gerobak keliling. Adapun harga dari satu porsi mangku cuanki berkisar Rp 10,000. Dan untuk harganya pun sangat murah sekali bagi penikmat makanan khas kuliner Bandung.

 
Tempat Wisata Bandung

| Author

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

About us

Informasi tentang tempat liburan, tempat penginapan dan tempat makan yang rekomendasi untuk anda

Read more

Newsletter

Recent Posts

Contact

  Mail is not sent.   Your email has been sent.
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…